Sabtu, 05 November 2016

Budaya adalah Kode Nusantara

Indonesia memiliki banyak sekali budaya. Ratusan bahkan ribuan budaya yang ada di negeri ini. Namun tak banyak yang tahu budaya apa saja yang terdapat di bumi khatulistiwa ini. Ribuan pulau, ribuan suku, dan ratusan bahasa membuat Indonesia sangat kaya akan keberagaman budayanya.
Masing-masing budaya, tentu memiliki makna yang menjadi kode nusantara dalam budaya tersebut. Namun, di balik kekayaan budaya Indonesia banyak pengetahuan yang sebelumnya belum terungkap bahkan mungkin terlupa. Sobat Budaya bersama Bandung Fe Institute menuliskan sebuah buku “Kode-Kode Nusantara: Telaah Sains Mutakhir atas Jejak-Jejak Tradisi di Kepulauan Indonesia.” Buku Kode-Kode Nusantara ini berisi tentang filosofi, makna tentang pengetahuan budaya yang ada di Indonesia seperti lagu, motif batik, bahkan hingga alam.
Melalui Kode-Kode Nusantara, kita dapat memahami lebih dalam tentang makna yang terdapat di balik sebuah budaya. Tak hanya itu, Kode-Kode Nusantara juga membuat kita mengingat kembali makna-makna pengetahuan budaya yang selama ini mungkin terlupakan.
Kode-Kode Nusantara berhasil mengungkap pengetahuan budaya Indonesia yang kini tercatat hingga 33.000 data budaya. Data tersebut tercantum di Perpustakaan Digital Budaya Indonesia (PDBI) dan masih banyak pengetahuan budaya lainnya yang bisa dipelajari.

“Budaya adalah pengetahuan kita untuk mengapresiasi alam, aktualisasi diri dan hubungan sosial. Kode-Kode Nusantara menguak pengetahuan tersebut ke dalam ranah sains.” Begitu kutipan yang terdapat dalam buku Kode-Kode Nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar